Agar Suara Enak di Dengar Sebelum Bernyanyi


Hello!
Pernah gak sih ngerasa minder banget pas mau maju ngambil nilai kesenian? Atau gak, gausah jauh-jauh deh, denger teman nyanyi saja udah minder duluan. Apalagi belakang lo ada doi, buyarr sudah. Seperti kalian ketahui, gue sudah pernah memberikan tips agar suara enak di dengar sebelumnya. Dan sekarang gue ingin memberikan tips yang sama tetapi menurut versi gue selama gue ikut musikalisasi puisi. So let's get started!

  • Hindari makanan berminyak, makanan yang pedas, makanan yang mengandung msg atau micin, dan makanan berbahan dasar cokelat.
Guys, cokelat is a big NO! Gue punya pengalaman. Biasanya saat mau lomba, kakel gue bakal ngingetin beberapa pantangan diatas. Pernah sehari sebelum lomba, gue beserta teman-teman dan pelatih gue-yang notabene kakel gue yang alumni- kelaperan banget. Because -gue lupa kenapa- kantin semuanya tutup tinggal brownies doang, air putih pun gaada. Terus dengan santainya adek kelas gue beli itu dan makan didepan kakel. You know what? Kakel gue makan, begitu pula gue. Browniesnya enak banget-banget-banget tapi kalau kebanyakan bikin eneg sih. Gue gatau gara-gara kelaperan apa bagaimana, semuanya lupa kalau gaboleh makan coklat. Hasilnya seperti yang gue pikirkan setelah sadar kita makan cokelat, ancur abis. Gaboong. Pengin nangis rasanya. Disitu kakel gue moodnya udah jelek banget. Yah jadi cerita deh HEHEHEHEHEHEHEHE maaf ya. Kalau gue lanjutin kepanjangan, udah segini aja.
  • Minum banyak air putih, yang hangat lebih baik. Hindari minuman dingin.
Banyak-banyak minum air apalagi cuacanya lagi dingin. Biar tenggorokannya gak serek.
  • Biasakan pernafasanmu agar suara terdengar lebih jernih.
Pertama, pemanasan sebelum bernyanyi. Dulu di smp, namanya humming. Kalau pas sma namanya pemanasan biasa aja. Jadi humming ini, kita mengambil nafas lewat pernafasan perut dan mengucapkan huruf vokal dengan lantang. Biasanya disertai huruf r, s, ng, dan gabungan a-i-u-e-o. Most of padus di sekolah lain melakukan hal yang sama.


Yang kedua, gue mendapatkan tips ini dari ekskul theater. Yaitu jogging-sambil-nyanyi.
Like what? Malu banget sebenernya tapi bagaimana lagi itu ngebantu banget. Mungkin yang army bakal tau tips ini karena BTS juga ngelakuin hal yang sama. Eh, apa Shinee ya? Gatau gue lupa boygrup intinya.

Ketiga, gue dapet tips dari abang gojek.
HAHA iya gojek yang nganterin gue kesekolah. Awalnya gue kira satu almamater soalnya nanyain ekskul sekolah gue, ternyata engga. Dia bilang pas kuliah dia ikut padus atau band gitu, terus latihan rutin tiap minggu-nya adalah berteriak di dalam air. Jangan maksain diri loh ya, yang rutin aja. Jangan bikin orang panik juga gara-gara dikira tenggelam, wkwk. Inti dari latihan ini sih sama dengan poin kedua, yaitu sama-sama melatih agar pernafasan lebih kuat sehingga suara yang didengar tidak pecah.

  • Terakhir, minumlah ramuan yang bisa membuat suaramu lebih merdu!
Kalau yang ini, kalian bisa mencari sendiri di internet, banyak banget jadi ga mungkin gue tulis satu-satu. Gue punya dua buah ramuan yang gue andalkan. Yaitu, makan kencur, dan minum satu sendok makan kecap campur jeruk nipis. Dengan perbandingan 1:1

So, itulah beberapa tips dari gue, semoga bisa membantu semuanya biar lebih gak kuatir soal kualitas suara yes. Jangan lupa buat latihan karena tanpa latihan semuanya sia-sia aja. Makasih ya bagi yang sudah membaca. Gue juga mau tahu tips kalian, jadi jangan ragu-ragu buat tulis di cbox ya!
See ya!