My Basic Skincare #041018



Hai! I'm back!
Kali ini aku ingin menjelaskan apa saja sih basic skincare yang sedang aku tekanin ke diri aku sendiri. Maksudnya tekanin? Jadiiiii buat info saja nih ya, aku orangnya mageran, pakai skincare rutin tiap hari itu rasanya maleeeees banget. Tapi ya begitu, gabaek. Menurutku nih ya, skincare itu penting, kayak makanan buat wajahlah. Dan lagi, yang aku rasakan setelah 'mencoba' memakainya secara rutin, jerawatku jadi hilang!

HOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOHOOHOHO
tapi ya balik lagi tu jerawat kalau sudah tanggal pms, atoga pas kebanyakan konsum dairy dan cabe.




Apalagi buat yang mulai sering pakai make up. Setiap kali aku pakai make up, aku berusaha biar make up yang sebelumnya ditaruh ke mukaku tidak membuat kulitku menjadi break out ataupun jerawatan, dengan cara memastikan bahwa tidak ada lagi sisa kandungan make up di wajah dan setelah itu memakai masker. Masker wajah juga termasuk skincare loh.

Nah bagaimana nih bagi yang tidak suka pakai make up?
Sama, skincare itu sangat penting tapi selalu harus disesuaikan dengan jenis kulit. Aku sendiri karena masih remaja hanya memakai skincare yang intinya untuk hydrating wajah dan yang merupakan basic-nya saja, belum coba-coba serum, impuls dan teman-temannya. Kenapa? Karena kulitku masih belum membutuhkan itu semua, dan kulit remaja masih mempunyai skin barrier atau perlindungan kulit yang bagus terhadap partikel.






My Basic Skincare for the past 4 month =
Umur       : 16 tahun 8 bulan
Tipe kulit : Kering ke normal





First, Sabun Cuci Wajah
Pigeon Facial Foam for all skin types
Produk ini sudah aku gunakan sejak kelas 6 sd, dan masih bertahan hingga sekarang.
Selain karena harganya yang terjangkau, aromanya juga enak.

Second, Toner

The Body Shop Vit E Hydrating Toner for all skin types

Apasih Toner itu?
Toner adalah produk yang dapat membantu mengangkat sisa-sisa minyak, sisa -sisa  makeup dan memperbaiki, menenangkan dan menghaluskan permukaan kulit serta membantu mengurangi tanda-tanda kemerahan pada kulit. Toner juga membantu mempersiapkan kulit wajah untuk pemakaian rangkaian perawatan wajah selanjutnya.
 Toner banyak macamnya, seperti hydrating toner dan exfoliating toner.
Perbedaannya adalah jika hydrating toner menyeimbangkan ph kulit dan menghidrasi kulit, exfoliating toner bekerja untuk membantu kulit mengangkat sel kulit mati.

Saat ini aku hanya menggunakan toner yang bertujuan menghidrasi kulit,  karena kulit remaja masih dapat mengangkat sel kulit mati secara optimal. Dan juga, karena over-exfoliating itu tidak baik, bahkan dapat membuat kulit menjadi rusak.

Bedanya sama moisturizer?
  • Hydrating products adalah pelembab berjenis humectant yang dapat menyerap air ke kulit. Karena itu, fungsi utama produk hydrating adalah meningkatkan water content atau kandungan air di kulit. Makanya produk-produk ini biasanya kebanyakan water-based, atau mempunyai tekstur yang lebih cair. Untuk mengenali produk-produk yang jatuh pada kategori ini, cari saja kandungan seperti aloe vera, propylene glycol, glycerin, hyaluronic acid atau pantenol.
  • Kalau untuk produk yang “moisturizing”, what it generally means is sealing atau “mengunci” permukaan kulit untuk mencegah kehilangan kelembapan kulit. Ini bisa dilakukan karena kandungan minyak, dimethicone atau petrolatum di dalam moisturizers yang dapat menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit. In other words, moisturizers berfungsi untuk mencegah moisture loss, bukan menambah moisture di kulit.

Third, Sun-Protection
Sunscreen itu sangat-sangat penting. Istilahnya, wajar saja wajah masih bermasalah walau pakai produk banyak kalau tidak memakai sunscreen.
Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+

Setelah jam 12 yang notabene panas banget dan kulit akhirnya berkeringat, produk ini membuat mukaku berminyak, gatau sih memang faktor panas atau bagaimana, tapi buatku saja yang kering ke normal dia memang menambah produksi minyak dimukaku. Jadi yang merasa kulitnya berminyak mungkin mau menghindari produk ini.

(not so to do moisturizer)

Aku termasuk jarang memakai moisturizer kalau berpergian ke luar rumah, hanya jika berada di rumah karena setelah itu aku memakai sunprotection yang dapat menjaga kelembapan kulit.

hehe biasa, mager, cui keburu telat berangkat

Produk yang kupakai adalah
Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening.
Didalamnya ada 3 produk, lotion, milk dan face wash.

Itulah produk-produk yang selalu kugunakan saat pagi dan malam hari. Kadang juga aku pakai sheet-mask dengan merek berbeda-beda saat menjelang tidur. Sekian dariku , semoga post kali ini bermanfaat untuk kalian and see you soon! Bye-bye!

Komentar

  1. Halo! Kalau sheetmask favoritmu kira-kira apa? (yang recommended) 😆

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, gunakan bahasa yang sopan ya!